Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Belajar Menulis Puisi yang Baik dan Benar untuk Pemula

Tips: Cara Cepat Belajar Menulis Puisi yang Indah-banyak orang bertanya-tanya, bagaimana sih cara membuat puisi yang indah?, bagaimana sih cara cepat belajar menulis puisi?. sebenarnya mudah belajar dan membuat puisi yang indah, asalkan kita betul-betul menekuninya. tidak perlu tergesah-gesah untuk cepat bisa menulis puisi yang indah, semua butuh proses tak ada yang instan. tapi kalo kita mengikuti step by step Tips: Cara Cepat Belajar Menulis Puisi yang Indah ini, kemungkinan anda akan lebih cepat belajar menulis puisinya.

Sebelum masuk kepembahasaan kita ini, sebaiknya baca terlebih dahulu Pengertian Puisi.

Nah, langsung saja kita bahas tentang Tips: Cara Cepat Menulis Puisi yang Indah:

1. Tentukan Tema
Inilah hal yang paling mendasar untuk menulis puisi yang indah. Pilih tema yang anda inginkan dan andaa minati. Pilih tema seperti: bahagia, sedih, rindu dan banyak lagi. Saran saya pilihlah tema yang sesuai dengan perasaan anda.

2. Membuat Kerangka
kerangka puisi adalah hal yang sangat penting. Ibaratkan sebuah rumah kerangka puisi adalah pondasinya. Tidak akan ada rumah tanpa pondasi. Begitu juga dengan puisi tidak akan ada puisi tanpa kerangka puisi. Jadi
buatlah kerangka puisi berdasarkan tema yang anda pilih, ceritakan apa yang anda rasakan dan pikirkan, dalam bentuk tulisan.

3. Pemilihan Kata yang tepat
pemilahan kata yang tepat penting untuk membuat sebuah puisi dan akan membuat puisi terlihat menarik.
ubahlah kata demi kata yang anda tuliskan, ubah kata yang menurut anda tidak cocok atau tidak sesuai dengan kalimat.
Contoh: Sedih
ubah menjadi
  • duka
  • getir
  • gundah
  • lara
  • merana
  • pedih
  • pilu
  • Sendu
Contoh: ''saat sedih, aku sering melihat senja'' ubah menjadi ''di kala sendu, aku selalu membesuk senja

4. Memilih rima yang sesuai kalimat
Rima adalah pengulangan bunyi yang berselang, baik di dalam larik sajak maupun pada akhir larik sajak yang berdekatan.
di tahap ini akan membuat puisi yang kita buat menjadi enak dibaca karena bunyinya yang seirama, pembaca akan tertarik dan akan terus membaca puisi. pemilihan rima yang tepat juga akan memperindah puisi kita.
Kita boleh menurangi/menambah kata dalam sebuah kalimat untuk menemukan rima yang sesuai, asalkan tidak merubah makna kalimat sedikitpun.
Contoh: ''dikala sendu, aku membesuk senja'' ubah menjadi ''dikala sendu, aku membesuk senja yang selalu bisu.
Kata ''selalu bisu'' tidak mengubah makna puisi namun memberi keserasian rima pada puisi tersebut.
Rima juga tidak harus selalu di gunakan secara konsisten untuk membuat puisi indah. Banyak penulis yang tidak konsisten menggunakan rima dalam puisinya tapi tetap menghsilkan puisi yang indah dan enak di baca.

5. Menentukan Judul
setelah selesai tentukan judul apa yang pas untuk puisi anda. Judul bisa di tentukan di awal sebelum membuat kerangka puisi tapi saya membuat judul setelah puisi selesai agar memudahkan menentukan judul apa yang akan dipakai untuk puisi saya.

Demikianlah Tips: Cara Cepat Belajar Menulis Puisi yang Indah, semoga bermanfaat untuk membantu para pembaca dalam belajar menulis puisi. Ingat, ala bisa karna biasa. Maka biasakanlah menulis puisi dan anda akan bisa menulis puisi yang indah. (https://kreasiringan.blogspot.com)

Post a Comment for "Cara Cepat Belajar Menulis Puisi yang Baik dan Benar untuk Pemula"