Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Outsourcing

7 Manfaat Outsourcing

Sebagaimana disampaikan di depan, pengalihdayaan memiliki beberapa manfaat yang menjadikannya menarik bagi bisnis kecil maupun besar. Berikut adalah sejumlah manfaat utama pengalihdayaan (outsourcing).

1. Talenta yang Tersedia Lebih Banyak

Berbeda dengan proses rekrutmen kerja tradisional, outsourcing memungkinkan Anda mendapatkan talenta dari seluruh dunia. Berkat internet, siapa saja yang memiliki seperangkat keterampilan tertentu bisa memasarkan layanan mereka secara online. Tidak lagi ada batasan yang mengharuskan untuk menemukan pekerja secara lokal. Para pemilik usaha seperti Anda bisa dengan mudah menemukan kontraktor dari seluruh dunia.

Mengalihdayakan tugas-tugas tertentu ke orang lain di luar negara Anda bisa sangat bermanfaat, jika tugas tersebut mencakup penyediaan layanan pelanggan 24 jam, bantuan teknis berdasarkan panggilan, atau penuntasan proyek-proyek digital sekali jalan.

2. Outsourcing Memiliki Biaya yang Lebih Rendah

Baik Anda melakukan pengalihdayaan secara lokal maupun internasional, biaya Anda akan jauh lebih rendah daripada merekrut pegawai baru untuk menjalankan tugas-tugas yang tidak terlalu sering ada. Daripada membayar orang secara rutin untuk melakukan pekerjaan yang hanya sesekali setiap beberapa bulan, Anda hanya membayar berdasarkan tugas yang dilakukan—pada saat Anda membutuhkannya diselesaikan.

Terlebih lagi, jika Anda memilih untuk mengalihdayakan ke luar negeri, camkan bahwa nilai tukar mata uang mungkin berpihak pada Anda, membuat pengeluaran Anda lebih rendah.

Sebagai titik akhir pada biaya, Anda tidak perlu khawatir tentang memperluas ruang bisnis Anda atau menyewa kantor yang lebih besar ketika melakukan pengalihdayaan versus pekerjaan tradisional.

3. Pengalihdayaan Memaksa Anda Membuat Proses Bisnis

Mungkin Anda sudah mendengar bahwa semua bisnis harus mendokumentasikan proses-prosesnya, tetapi banyak pemilik usaha kecil yang terlalu sibuk untuk duduk sejenak dan menuliskannya di atas kertas. Jika Anda berencana untuk melakukan outsourcing, maka Anda akan dipaksa untuk melakukan dokumentasi proses untuk memastikan bahwa tugas-tugas yang dialihdayakan dilaksanakan sesuai dengan spesifikasi dan standar kualitas Anda.

Manfaat tersembunyi di balik outsourcing dan pembuatan proses bisnis adalah kenyataan bahwa Anda akan mampu melacak perkembangan karyawan dan menjadikan mereka lebih akuntabel. Pemberian tugas kepada karyawan juga akan lebih mudah karena semua orang akan memiliki pandangan yang jelas tentang apa saja yang butuh dilakukan dan bagaimana cara melakukannya.

4. Talenta yang Lebih Terspesialisasi dan Sarana-Sarana yang Lebih Baik

Mungkin Anda adalah tukang bunga terhebat yang pernah ada, tetapi itu tidak berarti Anda juga seorang akuntan atau desainer grafis yang hebat juga. Pengalihdayaan memungkinkan Anda menemukan orang-orang yang memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk menuntaskan pekerjaan yang Anda tidak paham cara melakukannya.

Anda tidak hanya akan terlihat lebih profesional, proyeknya juga akan dikerjakan dengan sarana-sarana yang memang diperuntukkan bagi proyek tersebut daripada meretas dengan cara Anda sendiri. Pengembalian pajak Anda akan jauh lebih mudah untuk diberkaskan jika akuntansi atau pembukuan Anda dilakukan dengan perangkat lunak akuntansi dibandingkan sekumpulan spreadsheets dan kotak sepatu yang penuh berisi kuitansi.


5. Dukungan Pelanggan Anda Bisa 24/7

Jika usaha Anda sangat bergantung pada penyediaan layanan pelanggan sehari semalam, pengalihdayaan aspek bisnis Anda ke luar negeri akan sangat masuk akal. Menemukan orang di zona waktu yang berlawanan artinya mereka bisa menghadapi pelanggan Anda pada saat Anda tidak bisa melakukannya.

6. Pengalihdayaan Memberikan Anda Lebih Banyak Waktu Luang

Jika Anda punya orang atau perusahaan lain yang mengerjakan berbagai tugas yang di luar keahlian dan pengetahuan Anda, akan ada lebih banyak waktu luang untuk berfokus pada hal-hal yang Anda terlatih melakukannya. Dengan itu Anda akan bisa menghasilkan rencana pemasaran baru atau produk baru. Dengan kata lain, Anda bisa berfokus pada menjalankan bisnis daripada berfokus pada bisnis itu sendiri.

7. Pengalihdayaan Memungkinkan Anda Membesarkan Bisnis

Manfaat besar terakhir pengalihdayaan adalah Anda dimungkinkan untuk membesarkan bisnis Anda. Dengan mengambil sejumlah beban dari pundak para karyawan Anda, mereka bisa menghabiskan waktu untuk berfokus pada beragam aktivitas yang bisa membesarkan perusahaan. Pada puncaknya, pertumbuhan adalah hal yang vital bagi tiap bisnis dan Anda tidak bisa bertumbuh secara efektif jika waktu Anda yang sudah terbatas dihabiskan untuk melakukan hal-hal yang lebih baik didelegasikan ke tempat lain.

Sumber: https://business.tutsplus.com/id/articles/pros-and-cons-of-outsourcing--cms-28667

Post a Comment for "7 Manfaat Outsourcing"