Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit-Penyakit Yang Ditimbulkan Akibat Merokok

a. Kanker Paru

Salah satu bahan kimia di dalam rokok yang menyebabkan kanker paru adalah tar. Berat ringannya kanker paru ditentukan oleh jenis tumor dan stadium penyakitnya. Ada 4 jenis kanker paru yang dikenal, yaitu:

1. Karsinoma epidermoid
2. Adenokarsinoma
3. Karsinoma sel Besar
4. Karsinoma sel kecil

Jeni kanker paru yang terakhir adalah jenis kanker yang paling ganas dan paling cepat menyebar ke alat lain di luar paru. Pengobatan kanker paru terdiri dari pembedahan, penyinaran/radiotherapy, dan pemberian obat-obatan sitotestika. Cara pengobatan terbaik adalah pada stadium awal. Sayangnya banyak penderita kanker yang datangnya sudah terlambat, sehingga sudah tidak dapat dibedah lagi dan penyembuhannya jadi sudah sulit.
Salah satu bahan kimia di dalam rokok yang menyebabkan kanker paru adalah tar Penyakit-Penyakit Yang Ditimbulkan Akibat Merokok

b. Penyakit Jantung

Kebiasaan merukok adalah salah satu penyebab jantung koroner, disamping resiko lain seperti tekanan darah tinggi, tingginya kadar lipid atau lemak dalam darah, kegemukan dan lain-lain. Penyakit jantung koroner berhubungan dengan penyempitan atau tersumbatnya pembuluh darah yang berfungsi memberikan aliran darah bagi jaringan jantung. Penyakit jantung koroner sering di kenal sebagai  penyebab serangan jantung yang mendadak.

Dua bahan dalam rokok yang berhubungan dengan penyakit jantung adalah nikotin dan gas CO. Asap rokok mengandung 0.5% sampai dengan 3% nikotin, dan kalau di hisap maka kadar nikotin dalam darah akan menjadi 40 – 50 mg/ml. Nikotin dapat mengganggu jantung. Membuat irama detak jantung menjadi tidak teratur. Mempercepat aliran darah, menimbulkan kerusakan dalam pembuluh darah, dan menyebabkan penggumpalan darah.

c. Mengganggu Kehamilan

Kebiasaan merokok bagi calon ibu ternyata membawa akibat buruk bagi anak yang akan dilahirkan. Wanita hamil yang merokok lebih banyak melahirkan bayi yang meninggal bila dibandingkan dengan wanita yang normal. Seandainya bayi itu lahir normal maka bayi yang dilahirkan wanita perokok lebih sering meninggal pada bulan-bulan pertama.

d. Penyakit Paru-Paru Yang Lain

Paru-paru merupakan alat tubuh yang langsung berhubungan dengan asap rorok. Kebiasaan merokok sering menimbulkan keluhan batuk yang disertai dahak yang banyak. Saluran napas yang kecil menjadi sempit dan meradang. Serangan asma akan menjadi lebih sering dan lebih berat dirasakan
Pemeriksaan kemampuan pernapasan yang disebut dengan tes faal paru dengan menggunakan alat spirometer dengan jelas menunjukkan penurunan kemampuan pernapasan seorang perokok.

Dua jenispenyakit lain selai kanker adalah bronchitis kronik dan enfisema paru. Kedua penyakit ini jarang terjadi bersama-sama dan disebut PPOM (penyakit paru obsruktif menahun). Penderita PPOM akan mengeluh karena batuk berdahak dan juga ssesak napas

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Post a Comment for "Penyakit-Penyakit Yang Ditimbulkan Akibat Merokok"