Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Makanan Yang Bermanfaat Sebagai Pencegah Diabetes

Dulu Orang bilang bahwa penyakit diabetes atau kencing manis adalah penyakitnya orang kaya. Orang yang pola hidupnya suka mengkonsumsi makanan yang enak-enak dan manis-manis. Tapi ternyata sekarang penyakit diabetes menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.

Seiring dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat, semua orang dapat mendapatkan makanan sesuai dengan keinginannya bahkan setiap hari. Pola makan yang terlalu banyak mengkonsumsi yang manis-manis, sementara kurang gerak atau kurang berolah raga dapat mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes. Namun tidak semua makanan dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes. Ada beberapa makanan yang justru dapat mengurangi atau mencegah timbulnya penyakit diabetes.

Ini penting bagi anda agar tidak terkena diabetes. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati. Berikut ini beberapa jenis makanan yang terdiri dari sayuran dan buah yang dapat mencegah diabetes.

1. Pare (Momordhica charantia)

Dulu Orang bilang bahwa penyakit diabetes atau kencing manis adalah penyakitnya orang kaya 14 Makanan Pencegah Diabetes

Rasanya pahit namun banyak digemari, bisa dimasak tumis dicanmpur tempe atau udang kecil. Sering dicampur dengan sayuran lain dalam gado-gado. Buah pahit yang tanamannya merambat ini, antara lain mengandung zat charantin polypeptide P dan oleonolic acid glosides. Kandungan ini diketahui dapat meningkatkan poduksi sel beta di pankreas, sehingga dapat memicu produksi insulin. Pemanfaatan buah pare, menurut sebuah penelitian, dapat dilakukan dengan cara dibuat jus kemudian diminum dalam keadaan perut kosong.

2. Mengkudu (Morinda citrifolia)

Buah buruk rupa yang banyak bijinya dan banyak mengandung air ini, dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati daibetes. Zat proxeronine yang dikandungnya diketahui dapat memperbaiki sel-sel beta pankreas yang rusak, serta memperbaiki reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik.

3. Brokoli
Brokoli merupakan salah satu sayuran sehat dari tiga sayuran tersehat di dunia, dan baik untuk penyandang diabetes. Brokoli mengandung sulforaphane yang mengatur kadar gula darah tubuh.

4. Bayam
Di Indonesia mudah sekali mendapatkan sayuran hijau yang satu ini. Senangnya lagi, menurut British Research Institute mengonsumsi bayam setiap hari bisa menurunkan risiko diabetes hingga 20 persen.

5. Bit
Bit merupakan salah satu makanan bagi para penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena bit memiliki kemampuan mengatur kadar gula darah dan tekanan darah dalam tubuh. Satu gelas jus dapat menurunkan tekanan darah sistolik.

6. Ubi jalar
Ubi yang satu ini mengandung anthocyanin yang memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Ubi jalar ini juga mengandung senyawa antiinflamasi dan antivirus yang baik untuk penyandang diabetes.

7. Kale
Sayur yang sedang populer di kalangan pecinta gaya hidup sehat ini mengandung zat besi, potasium dan Vitamin K dan B6 yang baik untuk melawan diabetes pada orangtua.

8. Kubis
Sayur murah yang satu ini sangat hebat dalam mencegah diabetes. Kubis bisa menurunkankand kadar gula dalam darah dan menjaga kerja pankreas. Pankreas menghasilkan insulin yang mengontrol level gula darah dalam tubuh.

9. Asparagus
Asparagus adalah makanan yang meningkatkan pankreas dan fungsi ginjal.

10. Wortel
Wortel mengandung beta karoten yang mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh menurut sebuah penelitian di Inggris.

11. Buncis
Buncis mengandung serat dan protein yang memiliki kadar gula rendah yang baik untuk menjaga gula darah dalam tubuh.

12. Pisang (Musa paradisiaca)

Serat dalam pisang dapat mengontrol gula darah, dengan cara memperlambat proses pencernaan dan penyerapan gula sehingga kadar gula naik secara perlahan-lahan. Pisang dapat dimasukkan dalam menu harian/mingguan.

13. Bawang Putih (Allium sativum)

Dikenal dengan “penisilin alami” berkat kandungan zat alisin, sementara kandungan scordimin nya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bawang putih juga bersifat hipoglikemik, yakni menurunkan kadar gula darah. Dianjurkan dikonsumsi setelah direbus, dikukus atau digoreng (jangan dimakan mentah).

14. Buncis (Phaseolus vulgaris)

Sayuran ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah diabetes, karena mempunyai sifat hipoglikemik atau menurunkan kadar gula darah. Selain itu buncis memiliki sifat hipokolesterolomik (menurunkan kadar kolesterol) dan hipotrigliseridemik (menurunkan kadar trigliserida).
  
15. Teh (Camelia sinensis)

Kandungan kafein pada tanaman ini sangat rendah tidak seperti pada kopi, sehingga relatif aman diminum. Justru kandungan lain di dalamnya, yaitu zat xantin dan polifenol, berkhasiat mengatur kadar insulin dalam darah dan mampu meningkatkan sensitifitas sel terhadap insulin. Teh terasa segar diminum saat panas atau dingin, dicampur gula pasir atau gula batu. Untuk pencegahan diabetes, sebaiknya dikonsumsi tanpa gula. Agak sedikit pahit, tapi berkhasiat.

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Post a Comment for "14 Makanan Yang Bermanfaat Sebagai Pencegah Diabetes"